0

P4M UNAS Gelar Workshop Proposal Penelitian

Kegiatan pelatihan ini juga berfungsi untuk menambah kualitas penelitian dosen – dosen lintas fakultas dan program studi.
 workshop_UNAS
Jakarta [UNAS] – Meningkatnya level penelitian Universitas Nasional, dari binaan menjadi madya rupanya menjadi salah satu motivasi bagi pusat – pusat pengkajian Unas untuk menambah kualitas penelitian dosen – dosen lintas fakultas dan program studi. Contohnya adalah seperti yang dilakukan oleh Pusat Pengkajian Politik dan Pengembangan Masyarakat (P4M), Untuk membimbing dosen – dosen Fakultas Ilmu Sosial (FISIP) Universitas Nasional, P4M Unas menggelar workshop Persiapan Penelitian Hibah Dikti.

“Kegiatan yang kami adakan ini bertujuan untuk memandu para dosen agar proposal penelitiannya lebih terarah dan sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh DIKTI. Sehingga saat proposal penelitian tersebut dijukan, proposal mereka pun dapat diterima,” ungkap Ketua P4M Universitas Nasional, Dr. Diana Fawzia, MA saat ditemui disela acara yang berlangsung di ruang Rapat LPPM Unas, Selasar Lantai 3, Kamis (4/12).

Dalam workshop yang dihadiri oleh dosen – dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tersebut, P4M Unas mengundang Ketua Ilmu Politik Sekolah Pascasarjana, Dr. TB Massa Dja’far, M. Si, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Dr. Nonon Saribanon, M.Si, dan Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Dr. AF. Sigit Rochadi, M.Si sebagai narasumber.

“Sebelumnya peserta sudah dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 4 orang, dan kami meminta mereka untuk merancang sebuah penelitian. Kemudian, semua yang berkaitan dengan ketentuan dalam sebuah proposal seperti judul, rencana, dan abstrak itu pun didiskusikan dan diperbaiki melalui beberapa kali pertemuan. Agar proposal tersebut dapat dibuat menjadi proposal yang baik dan sesuai dengan kaidahnya, serta ditambah dengan keinginan kuat peserta untuk mendapatkan arahan dalam proses pembuatannya, kami pun putuskan untuk menggelar workshop ini,” jelas Dr. Diana.

Selama pelatihan berlangsung, peserta yang sudah mengirimkan rancangan proposal penelitiannya ke narasumber pun diminta untuk duduk bersama dan mendiskusikan secara langsung tentang kendala dan ide – ide yang dapat ditambahkan dalam proposal penelitiannya.

Related Posts

AdminWeb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *